Pages

Minggu, 27 Januari 2013

Resep Goma dofu (Tahu Wijen)

Goma dofu (Tahu Wijen)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    Goma dofu (Tahu Wijen)
    ・25 gram pasta wijen putih
    ・25 gram tepung jagung
    ・1½ gelas air
    ・Sejumput garam

    Bahan Pelengkap
    ・Seruas jahe
    ・Kecap asin

Cara Memasak

  1. Campurkan tepung jagung, garam dan ½ gelas air. Didihkan segelas air sisanya dan sisihkan. Masukkan pasta wijen ke dalam panci lalu tambahkan campuran tepung jagung sesendok demi sesendok. Setiap kali memasukkan sesendok campuran tepung jagung, langsung aduk merata secara perlahan. Setelah sekitar 3 atau 4 sendok makan, kita bisa menambahkan campuran tepung dalam jumlah banyak. Kalau setengahnya sudah tercampur rata, tambahkan sisanya. Aduk rata. Lalu secara bertahap masukkan segelas air panas yang disisihkan tadi lalu aduk.
  2. Panaskan panci yang berisi adonan di atas api sedang, aduk adonan menggunakan sendok kayu. Setelah adonan mendidih, kecilkan api. Aduk terus adonan yang mengental agar kekentalannya merata. Kalau tidak rata, angkat dulu pancinya dari kompor lalu aduk sampai kental merata, baru kemudian disimpan lagi di atas api. Adonannya sudah siap kalau sendok kayu bisa memisahkan adonan di dasar panci sehingga kita bisa melihat dasar panci, seperti yang terlihat di gambar.
  3. Tuangkan adonan ke dalam cetakan yang lembab atau telah dilap menggunakan lap basah, lalu tutup dengan selembar plastik wrap yang lembab. Tata cetakan pada baki atau mangkuk berisi air. Hati-hati jangan sampai airnya mengenai adonan. Tekstur adonan seharusnya empuk. Adonan bisa didinginkan di dalam kulkas selama 1-2 jam.
  4. Angkat dari cetakan lalu potong kotak-kotak. Kupas dan parut jahe. Masing-masing kotak diberi hiasan sedikit parutan jahe dan siram dengan sedikit kecap asin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar