Pages

Minggu, 27 Januari 2013

Resep Melonpan (Roti Melon)

Melonpan (Roti Melon)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    Membuat 8 buah roti
    Adonan roti

    Cara Memasak

    1. Pertama membuat adonan roti. Campur ragi dengan air di dalam mangkuk. Tambahkan kocokan telur, gula, tepung kuat dan garam. Aduk rata menjadi adonan. Pindahkan adonan ke permukaan yang rata, uleni sampai lembut. Uleni selama sekitar 10 menit sambil berulang kali diangkat dan dibanting di permukaan tadi.
    2. Tambahkan 10 gram mentega pada adonan lalu banting-banting dan uleni lagi adonan selama 5 menit. Bentuk adonan menjadi bulatan kemudian taruh di dalam mangkuk yang telah dilumuri mentega.
    3. Tutup mangkuk dengan plastic wrap supaya adonannya tidak mengering. Tempatkan mangkuk di tempat yang hangat dan biarkan adonan mengembang hingga dua kali lipatnya (sekitar 30-40 menit). Kalau dapur Anda dingin, tempatkan mangkuk tadi di dalam mangkuk yang lebih besar yang diisi air dengan suhu tubuh (37°C).
    4. Sementara menunggu adonan mengembang, kita buat adonan biskuitnya. Saring tepung dan baking powder. Parut kulit lemon. Masukkan gula bersama mentega ke dalam mangkuk lalu aduk sampai berwarna keputihan. Tambahkan susu, kuning telur dan parutan kulit lemon. Masukkan tepung lalu aduk sampai membentuk adonan. Bentuk menjadi bulatan, lapisi dengan plastic wrap dan dinginkan di dalam kulkas selama sekitar 20 menit.
    5. Setelah adonan roti mengembang lebih besar dua kali lipatnya, bagi menjadi 8 bagian. Bentuk masing-masing bagiannya menjadi bulatan, agar udara yang berlebih keluar dari adonan. Tutup semuanya dengan plastic wrap dan biarkan rotinya selama 10 menit.
    6. Adonan biskuitnya juga dibagi menjadi 8 bagian. Taburi sedikit tepung lalu ratakan menggunakan penggiling di permukaan yang rata dan bentuk menjadi lingkaran-lingkaran berdiameter 8 cm. Lapisi masing-masing adonan roti dengan lingkaran adonan biskuit.
    7. Taburi gula pasir di atas roti-roti. Cetak garis-garis menggunakan bagian tumpul pisau makan sehingga tampilannya seperti melon. Tempatkan di alas panggangan dan biarkan rotinya mengembang lagi selama sekitar 30 menit.
    8. Panggang selama 15 menit di rak bagian tengah oven yang telah dipanaskan terlebih dulu dengan suhu 170°C.
    ・150 gram tepung kuat
    ・1 sendok teh (3 gram) ragi kering
    ・2 sendok makan (20 gram) gula
    ・80 ml air
    ・1 sendok makan kocokan telur
    ・¼ sendok teh garam
    ・10 gram mentega

    Adonan biskuit
    ・100 gram tepung lemah
    ・¼ sendok teh baking powder
    ・Kulit ½ buah lemon 
    ・40 gram mentega
    ・1 kuning telur
    ・1 sendok makan susu atau air
    ・3 sendok makan (30 gram) gula

    Siapkan juga gula pasir untuk taburan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar