Pages

Minggu, 27 Januari 2013

Resep Sanshoku ohagi (Tiga jenis kue ketan)

Sanshoku ohagi (Tiga jenis kue ketan)

Bahan-bahan (Untuk 4 Porsi)

    Porsi 16 kue: 8 kue dilapisi pasta kacang merah, 4 kue dilapisi pasta edamame, dan 4 kue dilapisi wijen

    ・300 gram beras ketan
    ・2 gelas (400 ml) air
    ・⅕ sendok teh garam (kira-kira 1 gram)

    ・240 gram pasta kacang merah (silakan lihat resep Zenzai dan Dorayaki)

    Pasta edamame
    ・80 gram kacang kedelai hijau (edamame) segar 
    ・2 sendok makan gula
    ・Sejumput garam

    Wijen
    ・2 sendok makan biji wijen putih sangrai
    ・½ sendok makan gula 
    ・Sejumput garam 

Cara Memasak

  1. Cuci dan tiriskan beras ketan. Masukkan ke dalam panci bersama 2 gelas air. Biarkan terendam selama 30 menit. Tambahkan garam, tutup panci lalu didihkan di atas api sedang. Kalau sudah mendidih, kecilkan api dan biarkan selama 12 menit.
  2. Angkat panci dari kompor. Jangan buka dulu tutupnya, biarkan beras ketan matang dengan uap yang tersisa selama 10 menit. Lalu tumbuk menggunakan alu kayu atau spatula kayu sampai butirannya setengah hancur. Bagi menjadi 16 porsi. Bentuk masing-masing porsinya menjadi bulatan telur kecil.
  3. Berikutnya, membuat pasta edamame. Rebus edamame dalam air yang diberi sedikit garam sampai lunak. Tiriskan lalu keluarkan kacang dari kulitnya selagi masih hangat. Haluskan edamame pada lumpang lalu tambahkan gula dan garam. Aduk hingga menjadi pasta dengan sedikit air.
  4. Haluskan biji wijen menggunakan lumpang, mesin penghalus makanan (food processor) atau pisau. Campur dengan gula dan garam.
  5. Pertama, kita membuat 4 kue dengan pasta edamame. Bagi pasta edamame menjadi 4 porsi yang sama. Tempatkan tiap porsinya di atas selembar plastic wrap, lebarkan masing-masingnya menjadi berbentuk lingkaran berdiameter sekitar 8 cm. Tempatkan ketannya di tengah-tengah masing-masing lingkaran. Gunakan plastic wrap untuk membungkus ketannya dengan pasta edamame. Balikkan kue ketan dan buka plastiknya. Gunakan cara yang sama untuk melapisi 8 kue ketan menggunakan pasta kacang merah.
  6. Terakhir, kita membuat 4 kue sisanya. Tebarkan wijen yang telah dihaluskan di atas piring atau wadah datar. Gelindingkan masing-masing kue ketannya di atas wijen sampai seluruh permukaannya tertutup wijen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar